Kesehatan

RSPI Bentuk Tim Khusus Tangani Tiga Pasien Suspect Virus Corona

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengatakan ada tim khusus yang menangani tiga Pasien Dalam Pengawasan (PDP) terkait virus Corona atau Covid 19. Syahril mengatakan, tim tersebut terdiri dari sejumlah ahli di antaranya spesialis patologi klinik, mikrobiologi klinik dan apoteker. Tim juga terdiri dari perawat khusus isolasi, ahli gizi, dan ahli kesehatan lingkungan.

"Ada tim yang khusus menangani semua Pasien Dalam Pengawasan (PDP)," ujarnya. Sebelumnya diberitakan, Syahril mengatakan pihaknya masih memeriksa sebanyak tiga orang yang diduga terinfeksi virus Corona. Saat ini, semuanya masih diisolasi di ruang khusus.

Sejauh ini, Syahril menuturkan, pihaknya telah memeriksa 24 orang yang diduga terinfeksi virus Corona. Namun, 21 orangnya dinyatakan telah negatif terjangkit virus tersebut. Ia menuturkan, pasien tersebut diperiksa karena mengalami sakit setelah memiliki riwayat perjalanan ke wilayah pandemik virus Corona. Mulai dari Wuhan, China, Jepang, Korea hingga ke Jepang dalam 14 hari terakhir.

Menurutnya, gejalanya sakit yang dirasa pasien biasanya demam tinggi hingga 38 derajat, batuk, pilek hingga sakit tenggorokan. "Atau bisa juga orang tersebut kontak dengan pasien yang kena virus corona. Istilahnya bukan suspect tapi pasien dalam pengawasan," jelas dia. Dia menjelaskan, pasien tersebut akan mendapatkan perawatan di ruang isolasi paling lama lima hari ke depan. Total, ada dua pemeriksaan yang dilalui ketiga pasien tersebut sebelum diketahui hasil apakah terjangkit atau tidak virus Corona.

"Jadi selama empat dan lima hari itu dia ada di ruang isolasi sembari menunggu di ruang laboratorium. Jadi tenang aja, nggak apa apa. Pasiennya semua sudah sehat," kata dia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Load More