Internasional

Mencontoh Vietnam yang Kini Sudah Melaporkan Nol Kasus Baru Virus Corona Apa yang Dilakukan

Vietnam menjadi negara di Asia Tenggara yang memberikan kabar baik dengan nol kasus baru virus corona. Lantas apa yang dilakukan Vietnam hingga berhasil menekan bertambahnya pasien corona? Untuk kali pertama, Vietnam mengumumkan nol kasus baru sejak 6 Maret 2020.

Pertama kali, Vietnam mengumumkan kasus corona di negaranya tepat saat perayaan Tahun Baru Imlek 23 Januari 2020 silam. Dengan diumumkannya nol kasus baru, jumlah pasien corona di Vietnam bertahan di angka 240 berdasarkan data per 5 April 2020. Apa yang dilakukan pemerintah Vietnam untuk menekan angka Covid 19?

Sebenarnya, langkah yang diambil Vietnam untuk meminimalisir corona di negaranya beberapa sudah dilakukan oleh Indonesia. Salah satu hal yang paling penting adalah dilakukannya physical distancing oleh para penduduknya. Pembatasan jarak fisik ini akan diberlakukan di Vietnam hingga Akhir April 2020.

Dikutip dari Kompas.com, jarak fisik yang diterapkan di Vietnambukan berarti membatasi produksi, perdagangan, dan layanan penting. Namun, meminta masyarakat untuk tinggal di rumah dan hanya pergi jika ada keperluan mendesak. Keperluan itu seperti membeli makanan, obat obatan, bekerja di pabrik, atau fasilitas produksi yang menghasilkan barang barang penting untuk kasus darurat.

Selain itu, orang harus menjaga jarak fisik yang aman minimal 2 meter dan tidak berkumpul dalam kelompok lebih dari 2 orang di tempat umum. Tak hanya menerapkan physical distancing, langkah lain yang diambil Vietnam adalah menangguhkan penerbangan internasional. Langkah ini telah diambil Indonesia beberapa waktu lalu.

Pemerintah Vietnam sendiri menangguhkan semua penerbangan internasional yang masuk dan menghentikan layanan transportasi darat hingga 15 April 2020 untuk membatasi perjalanan domestik. Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc telah memerintahkan larangan masuk bagi wisatawan dari negara yang memiliki banyak kasus. Misalnya, saat awal wabah, wisatawan asal Korea Selatan dilarang masuk.

Sementara itu, wisatawan dari Iran dan Italia yang masuk langsung dikarantina 14 hari. Vietnam juga mengambil langkah meliburkan sekolah sekolah sebagai upaya meminimalisir penyebaran virus. Jutaan siswa di 63 kota dan provinsi di Vietnam libur sejak awal perayaan Tahun Baru Imlek.

Selain itu, salah satu kunci keberhasilan Vietnam menekan angka Covid 19 terletak pada protokol kesehatan yang dilakukan para tenaga medis profesional. Seperti apa prosedurnya? Perwakilan WHO di Vietnam Dr. Kidong Park menghubungkan keberhasilan Vietnam mencegah penyebaran virus corona dengan langkah proaktif dan konsistensi pemerintah.

Petugas kesehatan Vietnam membuat protokol untuk menilai infeksi dan tingkat keparahan: Satu hal lagi, Vietnam juga membatasi adanya kegiatan ekspor impor satwa liar yang menjadi komoditinya. Mereka percaya, hewan liar merupakan carrier virus corona seperti layaknya virus SARS dan MERS.

Apalagi, Vietnam menjadi negara pusat jual beli dan konsumsi satwa liarnya. Pada 28 Januari 2020, Perdana Menteri Nguyen Xuan Phuc memerintahkan larangan impor hewan liar ke Vietnam. Selain itu, Departemen Perlindungan Hutan sementara waktu melarang pengangkutan hewan liar di luar wilayah provinsi atau keluar dari Vietnam.

Sementara itu, Indonesia sendiri masih berusaha keras untuk menekan angka kematian dan kasus positif corona. Berdasarkan data yang dihimpun pemerintah dari Sabtu (4/4/2020) hingga Minggu (5/4/2020),setidaknya ada tambahan 181 kasus baru pasien positif corona di Indonesia. Hal ini menjadikan total sudah ada 2.273 kasus pasien positif corona di Indonesia.

Adapun kasus kematian bertambah 7, sehingga total kasus kematian berjumlah 198 orang. Demikian yang disampaikan juru bicara pemerintah penanganan Covid 19, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di BNPB, Minggu (5/4/2020). Yuri juga sudah saatnya seluruh warga Indonesia menggunakan masker.

"Sudah saatnya kita semua menggunakan masker," ujar Yuri. Masker kain bisa digunakan masyarakat. "Masker bedah dan masker N95 hanya untuk petugas medis, masker kain bisa digunakan," ungkap Yuri.

Masker kain, disebut Yuri, aman digunkan selama empat jam. "Setelah itu rendam dengan air sabun kemudian cuci," ujarnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Load More