Internasional

Korban 8.000 di 37 Negara Dunia Sempat Digegerkan Penyakit SARS Sebelum Heboh Virus Corona Wuhan

Virus Corona menjadi isu hangat untuk diperbincangkan saat ini. Pasalnya, pada Minggu (26/1/2020), Virus Corona sudah menyentuh angka 2082 kasus dari data NHC China. Tak hanya itu saja, dari ribuan kasus tersebut, Virus Corona sudah menewaskan hingga 56 orang.

Coronavirus yang masih misterius itupun sudah menginfeksi banyak orang dari berbagai negara di dunia. Seperti Hongkong, Taiwan, Eropa, hingga Amerika Serikat. Sebelumnya, China juga pernah heboh dengan penyakit serupa bernama Sindrom pernapasan akut parah (SARS).

Virus tersebut disebabkan oleh Virus Corona yang berasal dari hewan. Kini ada kecurigaan jika coronavirus 'baru' asal Wuhan mungkin berasal dari kelelawar atau ular. Yang kemudian ditransmisikan ke manusia melalui spesies perantara.

Sebagaimana diberitakan , pada tahun 2002 SARS menyebar hampir tidak terkendali ke 37 negara. Hal itu menyebabkan kepanikan global. Bahkan hingga menginfeksi lebih dari 8.000 orang dan menewaskan lebih dari 750.

Penyakit serupa yang tak kalah mematikan adalah MERS. Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus atau (MERS CoV), penyakit ini pertama kali muncul di Arab Saudi pada 2012. Meskipun MERS diyakini ditularkan ke manusia dari unta arab, penularan untuk kedua virus korona mungkin adalah kelelawar.

Diketahui MERS tampaknya kurang mudah ditularkan dari manusia ke manusia. Tetapi memiliki tingkat kematian yang lebih besar, yakni menewaskan 35% dari sekitar 2.500 orang yang telah terinfeksi. Hingga kini belum diketahui apa penyebab menyebarnya Virus Corona 'baru' dari Wuhan China.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) menjelaskan cara untuk mencegah virusnya. Berikut cara pencegahan virus Corona berdasarkan Twitter dari World Health Organization: 1. Hindari makan daging dan telur mentah.

2. Hindari area berasap atau merokok. 3. Minum obat segera setelah gejalanya muncul dan jangan biarkan kondisinya menjadi parah 4. Cuci tangan setelah bersin atau batuk.

5. Tutup mulut sebelum batuk atau bersin. 6. Jika Anda yakin telah terinfeksi, hindari kontak dekat dengan orang orang. 7. Lakukan istirahat yang tepat

8. Tinggal jauh dari keramaian 9. Bersihkan tangan dengan sabun dan air atau hand rub yang mengandung alkohol. 10. Tutupi hidung dan mulut ketika batuk dan bersin dengan tisu atau siku

11. Hindari melakukan kontak dengan siapapun yang terkena flu, deman maupun gejala flu lain 12. Masak daging dan telur sampai matang 13. Kenakan perlindungan saat melakukan kontak dengan binatang liar ataupun binatang yang diternak atau dipelihara.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Load More