Bisnis

IKM Mampu Produksi APD Hingga 250 Unit per Hari Kemenperin

Sejumlah pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) mulai memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk membantu pemerintah mempercepat penanganan virus corona atau Covid 19. IKM tersebut tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih menyebut bahwa 88 persen dari 50 IKM mampu memproduksi APD.

"Sebanyak 88 persen dari 50 IKM yang mengisi kuesioner dari kami menyatakan mampu memproduksi APD maupun masker," tutur Gati melalui keterangan resmi, Senin (6/4/2020). Kapasitas produksi masker dari masing masing IKM tersebut berkisar antara 50 500 lembar per hari. Sedangkan, untuk kapasitas produksi APD, IKM sanggup membuat 20 250 buah per hari.

Hanya saja, baru sekira 55 persen IKM yang memahami standar pembuatan masker, sehingga 77,5 persen IKM mengaku mampu memproduksi masker dan APD yang tidak berstandar medis. "Untuk masker non medis harus dibuat dua lapis supaya bisa menyaring dengan lebih maksimal. Jadi, IKM membuatnya dengan bebas dan tidak ada persyaratan untuk izin edar, karena yang harus ada izin dan memenuhi SNI adalah masker medis," ungkap Gati. Produksi masker dan APD para UKM menjadi jalan untuk mempertahankan bisnis para pelaku IKM di tengah mewabahnya Covid 1.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Load More