Lifestyle

Hari Pintu Surga Dibuka Sangat Dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW Niat Puasa Senin Kamis

Berpuasa Senin Kamis menjadi ibadah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Puasa Senin Kamis dengan niat ibadah kepada Allah dapat mendatangkan berbagai keutamaan yang baik. Senin dan Kamis menjadi hari di mana pintu Surga dibuka.

Puasa merupakan amalan yang sangat utama dengan berbagai manfaatnya. Selain menjalankan ibadah wajib, alangkah baiknya umat Islam menyempurnakan ibadah dengan mendirikan ibadah yang sunnah. Mengutip dari rumaysho , puasa sunnah dapat menjadi penambal kekurangan dalam puasa wajib.

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa Senin Kamis. Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab, “Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.” (HR. Muslim no. 1162)

Puasa Senin Kamis dilakukan di setiap pekan pada hari Senin dan Kamis. Meski menjadi amalan sunnah, namun puasa ini memberikan manfaat yang luar biasa. Terlebih lagi apabila puasa Senin Kamis dilakukan secara rutin.

Hari Senin dan Kamis adalah hari dimana pintu surga dibuka. Allah akan mengampuni dosa dosa hambanya yang tidak menyekutukannya dan tidak sedang bermusuhan. Mengutip dari muslim.or.id , dari Abu Hurrairah, Rasulullah SAW bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا “Pintu surga dibuka pada hari Senin dan kamis. Setia hamba yang tidak berbuat syirik pada Allah sedikit pun akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki percekcokan (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim no. 2565). Pitu Ar Rayyan akan dibuka bagi orang orang yang sering berpuasa pada hari kiamat kelak.

Tidak ada yang bisa masuk ke pintu tersebut kecuali mereka yang rajin berpuasa. Mengutip dari darunnajah.com , Rasulullah SAW pernah bersabda: إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

Artinya: “Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim) Amal perbuatan manusia senantiasa akan disetor kepada Allah SWT pada hari Senin dan Kamis.

Mengutip dari rumaysho , dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Artinya“Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.”: Puasa Senin Kamis juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi umat Islam.

1. Melatih diri untuk disiplin 2. Meningkatkan amalan 3. Terhindari dari godaan syaitan

4. Meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT 5. Berpengaruh dalam kesehatan tubuh seperti meningkatkan daya ingat, memperpanjang usia, dll. Berikut ini niat puasa Senin Kamis.

“NAWAITU SAUMA YAUMAL ITSNAII SUNNATAN LILLAHI TANA’ALA.” Artinya: “Aku berniat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.” Penjelasan lengkap dapat dilihat di sini:

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Load More