Sport

Debut Jakarta sebagai Tuan Rumah Formula E 2020 Terancam Ditunda Karena Virus Corona

Debut Jakarta sebagai salah tuan rumah ajang Formula E 2020 terancam tertunda lantaran virus Corona. Seperti yang telah diketahui, Virus Corona menjadi salah satu isu yang paling menggemparkan dunia dalam beberapa bulan terakhir. Virus yang bermula dari China tersebut kini telah merambah ke berbagai bidang tak terkecuali bagi dunia olahraga.

Tercatat hingga awal Maret 2020 ada beberapa kejuaraan dan pertandingan olahraga dunia yang terpaksa harus ditunda maupun dibatalkan dengan alasan keamanan. Berbagai pertandingan mulai dari ajang Liga Italia hingga seri balapan MotoGP 2020 terpaksa harus ditunda lantaran virus Corona. Kini, perhelatan Formula E yang akan dihelat tiga bulan lagi terancam ditunda akibat wabah virus corona

Menyikapi perkembangan tersebut, pihak panitia penyelenggara Formula E Jakarta terus berkoordinasi dengan semua pihak pemangku kepentingan. Terbaru, pihak penyelenggara telah melakukan kominikasi intensif dengan berbagai pihak, Jumat (6/3/2020) malam. "Kami mempercayai penanganan terbaik dilakukan bahu membahu oleh semua pihak," ujar Felicia Idama selaku Director of Communication and Sustainablity, OC Formula E Jakarta.

"Pemerintah Indonesia menguatkan kebersamaan kita sebagai bangsa, kami ambil bagian didalamnya," tambahnya. Apalagi berdasarkan pantauan terakhir hingga Jumat (6/3/2020) virus bernama COVID 19 tersebut telah menyentuh angka 98.370 kasus. China yang menjadi sumber awal menjadi negara yang paling banyak kasus diikuti oleh Korea Selatan dan Italia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menilai resiko penyebaran Virus COVID 19 tergolong sangat tinggi di dunia. Hal itulah yang membuat kekhawatiran berbagai pihak terkait penyebaran virus tersebut. "Kami sangat memperhatikan kondisi ini sehingga menjadi pertimbangan penting bagi Jakarta E Prix," lanjut Felecia.

Pihak penyelenggara juga tak sungkan mengapriesiasi berbagai masukan sebelum nantinya diambil sebuah keputusan terbaik tentang Formula E Jakarta. "Kami sangat menghargai dukungan demi keselamatan bersama," ujarnya. "Kami respect pada situasi global, berjuang menghadapi situasi berat. Kita berada di dunia yang sama, kita hadapi bersama," lanjut Felicia.

Felicia juga mengungkapkan terima kasih atas segala dukungan terselenggaranya ajang Formula E Jakarta yang rencananya akan dihelat pada 6 Juni 2020. "Kepedulian masyarakat yang luas dan stakeholders yang disampaikan kepada kami dalam bentuk masukan masukan melalui berbagai medium komunikasi, menjadi pertimbangan kami yang terus dikomunikasikan dengan FEO untuk mengambil langkah terbaik," harapnya. Sebelumnya, calon Wakil Gubernur DKI Jakarta asal Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menyarankan agar Gubernur Anies Baswedan berpikir ulang terkait gelaran Formula E di Jakarta.

Alasannya saat ini publik sedang was was dengan penyebaran virus corona (COVID 19) "Terkait masih ada corona, saya kira harus kita pertimbangkan kembali," kata Ahmad Riza Patria di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020). Menurutnya permasalahan penyebarab virus corona tidak boleh dianggap enteng.

Sebab negara seperti Arab Saudi berani mengambil sikap melakukan pembatasan kunjungan ibadah umrah. "Padahal itu sesuatu yang penting, itu ibadah lebih dari Formula E, menghadap ke Makkah, Madinah. Nah sekarang Formula E itu harus diteliti kembali, cermati kembali," ujarnya. Sepaham dengan Riza, Calob Wakil Gubernur DKI asal PKS Nurmansjah Lubis menyebut ajang balap mobil Formula E yang akan digelar pada 6 Juni 2020 mendatang harus memperhatikan pula kondisi dampak virus corona.

Terlebih sang gubernur sudah mengeluarkan instruksi untuk mengurangi izin acara yang melibatkan banyak orang. Nurmansjah turut berkaca dari penundaan dari pemerintah Jerman untuk acara Internationale Tourismus Börse Berlin (ITB Berlin) yang notabene merupakan ajang pariwisata terbesar di dunia. "Itu saja ITB Berlin ditunda, itu kegiatan ajang Pariwisata terbesar di dunia ditunda sama pemerintah Jerman," ungkap dia.

Sejauh ini, event Formula E yang terpaksa dibatalkan akibat wabah virus COVID 19 adalah Sanya E Prix di Cina. Sanya E Prix secara jadwal seharusnya akan digelar pada 21 Maret 2020.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Load More