Techno

6 Cara Mengatasi Komputer & Laptop Not Responding di Windows XP hingga 10

Hang (menggantung) atau macet merupakan keadaan di mana komputer/laptop dalam kondisi not responding alias 'tidak menanggapi'. Biasanya hanya cursor atau pointer mouse yang berfungsi. Pointer dapat dipindah pindahkan namun tidak bisa mengklik ikon untuk memulai perintah.

Tentunya hal tersebut akan mengganggumu dalam bekerja. Cara ini bisa dilakukan hampir pada semua versi sistem operasional mulai dari Windows XP, Vista, Windows 7, Windows 8 / 8.1 dan Windows 10. Amati sembari menunggu dan sabar ketika komputer atau laptop kamu hang .

Mungkin saja masalah hang disebabkan oleh program aplikasi mengambil terlalu banyak ruang RAM dan sumber daya CPU yang membuat seluruh sistem tidak responsif. Bersabar dan menunggu beberapa menit (5 10 menit) adalah solusi terbaik dalam situasi seperti itu. Sistem akan kembali merespons ketika proses terkait penyelesaian tugas aplikasi telah selesai.

Biasanya di Windows 10 ketika hang akan memperbaiki secara otomatis. Sebagian besar orang akan mengklik dan menekan tombol acak ketika hang . Sepenuhnya itu salah, hal itu hanya akan memperbesar beban pada komputer/laptop dan akan memperburuk keadaan.

Sabar merupakan kunci utama menghadapi hang , jangan tekan tombol apapun. Tunggu beberapa menit, kemungkinan besar komputer/laptop akan berfungsi normal lagi. Tekan Ctrl+Shift+Esc secara bersamaan.

Ini adalah cara pintas untuk pergi ke Task Manager. Jika beruntung, Task Manager akan terbuka. Silakan periksa dan telusuri program yang menghabiskan sumber daya CPU dan ruang ram tertinggi.

Silahkan berhentikan program tersebut dengan cara klik kanan pilih 'end process' atau 'End Task'. Jika kamu gagal membuka Task Manager, gunakan pintasan keyboard dengan menekan Ctrl+Alt+Del secara bersamaan. Ini akan menampilkan layar CAD yang memungkinkan pengguna bisa logout (keluar) maupun mengakses Task Manager.

Kamu juga dapat menggunakan opsi daya seperti restart , shut down, hibernate, sleep dari layar CAD. Jika cara Ctrl+Alt+Del tidak berhasil, gunakan cara tekan tombol Logo Windows+Ctrl+Shift+B secara bersamaan. Ini adalah tombol untuk memaksa Windows menyegarkan layar dengan me restart kartu grafis.

Kamu akan mendengar bunyi bip pendek dan layar komputer akan berkedip atau redup sesaat. Seharusnya ini dapat Ini harus memperbaiki masalah hang . Kamu bisa mencoba menutup laptop kemudian membukanya kembali ketika mengalami hang .

Hal ini terkadang membantu memperbaiki masalah hang di hampir semua versi Windows. Jika dari cara di atas tidak ada yang berhasil, lakukan cara terakhir. Untuk laptop silahkan tekan tombol power selama beberapa detik.

Itu cara untuk mematikan laptop kamu. Jika itu komputer, cabutlah kabel daya agar komputer mati. Setelah komputer/laptop mati sepenuhnya, silahkan hidupkan kembali.

Jika memang semua cara tersebut tidak berhasil, silahkan bawa komputer/laptopmu ke tempat servis terbaik di dekatmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

Load More